5 Peluang Usaha Kuliner yang Mudah Dijalankan dan Menguntungkan

Punya hobi masak dan ingin segera membuka bisnis? Untuk Anda yang memiliki hobi memasak dan ingin segera membuka bisnis salah satu ide bisnis yang sangat potensial untuk Anda jalankan adalah bisnis kuliner.

Peluang usaha kuliner ini sangat besar dan akan sangat mudah untuk Anda jalankan sehingga pastinya menjadi sebuah peluang usaha yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi memasak.

Peluang Usaha Kuliner yang Mudah Dijalankan

Mengenai modalnya untuk menjalankan peluang usaha kuliner tidak terlalu besar sehingga bisnis yang satu ini sangat cocok juga dijalankan oleh Anda yang memiliki modal kecil dan ingin berbisnis.

Bahkan jika usaha yang Anda jalankan adalah jenis usaha catering pesanan, maka modalnya bisa Anda dapatkan dari uang muka pesanan pelanggan.

Sangat menyenangkan bukan memulai peluang usaha di bidang kuliner yang satu ini?

Peluang Usaha Kuliner yang Mudah Dijalankan   

Lantas apa saja peluang usaha kuliner yang mudah dijalankan dan sangat potensial untuk berkembang?

Informasi selengkapnya bisa Anda simak berikut ini!

1. Peluang usaha kuliner menjual kue atau makanan ringan

Bisnis yang satu ini menjadi ide peluang usaha kuliner yang cocok bagi mereka yang hobi memasak kue dan makanan ringan.

Bisnis yang satu ini juga menjadi ide peluang usaha kuliner yang sangat cocok dijalankan karena bisnis kue atau makanan ringan sendiri tahan lama sehingga tidak mudah basi walau tidak laku dalam sehari.

Beberapa contoh jenis kue kering yang dapat Anda jual diantaranya sebagai berikut :
  • Kue nastar
  • Kue sarang semut
  • Kue putri salju
  • Kue lapis legit
  • Kue semprit
  • Keripik singkong
  • Keripik bawang
  • Kue jelly dan berbagai jenis kue kering yang lain dan bisa Anda sesuaikan dengan kreasi sendiri.
Untuk Anda yang tertarik berbisnis kue ini tentu pemasarannya jauh lebih luas karena kue yang tahan lama sehingga bisa juga melayani pesanan sampai di luar kota sekalipun. Anda bisa memanfaatkan marketplace atau sosial media untuk menjalankan ide usaha kuliner yang satu ini.

Kemudian jika Anda punya modal yang jauh lebih besar maka Anda juga bisa membuka toko kue sendiri dan dapat menjualnya secara online.

2. Peluang usaha catering rumahan

Peluang usaha catering memang menjadi salah satu ide usaha yang tak akan pernah mati. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat ternyata mengakibatkan tumbuhnya budaya serba instant.

Budaya yang membuat seseorang ingin selalu cepat dan gak ribet ketika mendapatkan sesuatu. Tidak terkecuali urusan makan.

Hal ini terjadi di tengah masyarakat terutama para pekerja kantor dan mahasiswa. Usaha catering bisa menjadi solusi bagi yang membutuhkan makanan tanpa harus ribet dan repot .

Dulu memang masyarakat kita jarang sekali menggunakan jasa catering ketika mengadakan suatu acara akan tetapi kemudian berbeda dengan masa sekarang dimana masyarakat lebih suka sesuatu yang simple sehingga bisa dipastikan peluang usaha catering makanan ini sangat potensial untuk dijalankan.

Usaha yang satu ini juga menjadi sebuah bidang usaha dengan prospek yang sangat bagus mengingat hampir semua masyarakat butuh jasa catering dengan berbagai alasan termasuk untuk alasan mencari kemudahan.

Untuk memulai bisnis yang satu ini tidak perlu menggunakan modal yang besar. Anda juga bisa memulainya dengan modal seadanya dulu dengan menggunakan alat – alat seadanya yang ada di dapur Anda.

 Kemudian mengenai biaya bahan baku Anda bisa minta DP atau uang tanda jadi atas pesanan sehingga dengan begini modal pembuatan makanan bisa Anda tekan.

Jika usaha Anda di lain waktu meningkat pesat tentu juga tidak akan menutup kemungkinan untuk Anda mengembangkan usaha ini dengan skala yang jauh lebih besar serta turut menyediakan alat – alat prasmanan, tarub dan yang lainnya.

3. Peluang usaha warung tenda harga mahasiswa dan karyawan

Diantara Anda pasti sudah ada yang pernah makan di warung tenda bukan? Warung tenda bahkan menjadi sebuah tempat yang tepat untuk menjadi pilihan tempat makan mahasiswa dan karyawan.

Tempat yang sangat sederhana ini menyajikan aneka menu yang variatif dan dengan harga yang cukup variatif juga. Dengan begini Anda bisa mencoba bisnis kuliner yang satu ini dimana pada dasarnya untuk menjalankan usaha ini cukup mudah juga.

Anda bisa mencari tempat yang bagus, dekat dengan market konsumen dan memiliki kemampuan dalam mengolah aneka makanan sehingga akan lebih mudah diminati.

4. Pelang usaha makanan menjual aneka bakso

Dari dulu sampai sekarang bakso masih menjadi makanan yang banyak disukai orang. Popularitasnya tidak pernah tergantikan dengan apapun dan masih ada banyak orang yang sangat tergila–gila dengan kuliner yang satu ini. Karena itu bakso menjadi salah satu peluang usaha kuliner yang tak akan pernah tergilas oleh waktu.

Namun memang peluang usaha yang satu ini banyak saingannya sehingga Anda harus mengupayakan membuat bakso yang sangat unik.

Salah satunya dengan menyajikan menu bakso dengan aneka variasi pentol. Dengan begini bakso Anda akan lebih mudah bersaing.

5. Peluang usaha menjadi food blogger/ vlogger

Jika Anda hobi berburu wisata kuliner, Anda bisa menjadi seorang food blogger atau vlogger. Biasanya mereka hobi berburu kuliner kemudian memberikan ulasan tentang kuliner tersebut dari berbagai sisi atau perspektif. Video tersebut diunggah ke Youtube untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa.

Profesi ini seringkali tidak langsung menghasilkan uang justru kita akan menghabiskan uang karena kita harus bayar makanan yang kita ulas akan tetapi jika Anda sudah menjadi seorang food blogger/ vlogger yang terkenal tentu pada akhirnya peluang menghasilkan uang yang besar akan semakin terbuka lebar.

Yang paling penting adalah bagaimana cara Anda mengoptimasi channel youtube Anda agar bisa jauh lebih mudah untuk menghasilkan uang.

Demikian peluang usaha kuliner yang mudah dijalankan dan cocok untuk Anda yang memiliki hobi memasak. Tertarik untuk mulai mencoba menjalankannya?

Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda. Salam sukses berwirausaha, jadikan hobi Anda sebagai jembatan kesuksesan Anda sedari sekarang.

Subscribe to receive free email updates: